SENDOK TEH ATAU SENDOK OBAT


Banyak masyarakat yang tanpa sadar keliru dosis bila memberikan obat cair dengan aturan pakai bila menggunakan sendok. Apabila pada etiket ditulis sendok teh, misalnya, maka digunakan sendok seadanya yang ada di rumah atau sendok teh "versi dapur". Faktanya sendok teh yang berada di rumah tidak sesuai dengan ketentuan umum farmasi. Sendok teh yang berada di rumah umumnya berukuran sekitar 3 ml - 4 ml.

 
Kekeliruan ini sebenarnya lebih banyak disebabkan karena kurang jelasnya informasi yang diberikan kepada pasien dan masih banyaknya produk sediaan oral cair yang tidak menyertakan sendok obat berukuran 5 ml dalam kemasan obat. Untuk mengatasi masalah ini ada baiknya setiap pabrik obat selalu menyertakan sendok obat dalam setiap kemasan obat.

 

Sebenarnya yang dimaksud dalam sendok teh dalam pengobatan adalah sendok yang bisa memuat cairan dengan volume 5 ml. Sendok teh ini sering juga disebut dengan sendok obat. Sedangkan sendok makan memiliki volume 15 ml. Ketentuan ini berlaku hampir di seluruh negara.

 
sendok teh & sendok obat  
Dewasa ini beberapa pabrik obat telah melakukan inovasi terhadap sendok obat. Bentuk sendok diubah menjadi bulat seperti cangkir kecil (cup) dan digunakan sebagai penutup dari tutup botol obat. Cup tersebut menampilkan beberapa angka volume cairan seperti 2,5 ml (1/2 sendok teh), 5 ml (1 sendok teh), 7,5 ml (1/2 sendok makan), 10 ml (2 sendok teh) dan 15 ml (1 sendok makan).

0 komentar:

Posting Komentar

@RisqiCH. Diberdayakan oleh Blogger.